Karyawan dengan dokumen ditangannya terlihat seolah dia adalah pekerja keras
yang sedang menuju rapat penting. Karyawan yang berjalan dengan tangan kosong
terlihat seperti orang yang menuju kantin.
Karyawan yang berjalan dengan membawa koran
atau majalah seperti sedang ingin nongrong di toilet.
Yang terpenting adalah kita harus membawa banyak dokumen
dan barang yang berhubungan dengan pekerjaan kita pada malam hari,
agar seolah bekerja lebih panjang dari pada yang lain.
2. Menggunakan komputer agar terlihat sibuk
Setiap kita menggukan komputer, akan membuat para bos dan kolega kita bahwa kita sedang sibuk.
Untuk mengatasi kebosanan ketika didepan komputer,
silakan main forwartan email, chatting, bahkan main video game.
Yang sebenarnya sama sekali tidak ada hubungannya dengan pekerjaan kita.
Jika kita ketahuan bos, bilang saja kita sedang berdiskusi dengan klien di luar
karena akan menghemat pengeluaran transpotasi dan komunikasi kantor.
Jika tertangkap sedang bermain game, bilang saja kita sedang menginstall virus di game itu.
Agar nanti HRD bisa mengetahui tiap orang yang sedang bermain game.
3. Meja yang berantakan
Dimata bos kita, meja yang terlalu bersih seolah kita tidak bekerja dengan gesit;
bahkan seolah kita sedang tidak ada pekerjaan.
Jadi sebisa mungkin buat tumpukan kertas, buku, flashdisk, cd di meja kita.
Letakan secara acak, jika perlu juga letakan sampai dilantai.
Dokumen penting yang akan segera di minta oleh bos atau kolega
kita letakan di tumpukan yang agak dalam
agar seolah selain kita sibuk mengerjaan proyek mereka,
kita juga disibukan oleh proyek dari divisi lain.
4. Manfaatkan Voice Mail
Mulai manfaatkan fasilitas voice mail dari PBX kantor dan ponsel kita.
Jangan membalas apalagi mengkat telepon agar kita terlihat terlalu sibuk bekerja.
Ingat, bos atau kolega kantor menghubungi kita
hanya mereka ingin kita melakukan sesuatu untuk mereka.
Balas semua telepon atau sms dari mereka pada saat mereka meeting,
jam makan siang atau pada larut malam saja.
Seolah kita di jam-jam tersebut masih sedang sibuk bekerja.
5. Terlihat terburu-buru atau gelisah
Agar orang-orang melihat kita sedang dalam tekanan pekerjaan yang tinggi.
Atau seolah kita sendang menimbang-nimbang keputusan penting.
6. Pulang dari kantor lebih telat
Jangan pulang sebelum bos pulang.
Untuk mengisi waktu, kita bisa membaca majalah, main game, dll untuk mengisi waktu.
Jangan lupa jika mengirim / membalas email penting,
lakukan di jam-jam yang tidak masuk akal seperti jam 2 pagi atau di hari libur.
Pernah dengar email via ponsel kan?
7. Perhatikan istilah-istilan terbaru dalam politik, teknologi, ekonomi, apapun..
Kuncinya adalah rajin baca koran dan majalah, serap semua kata-kata keren disana;
dan gunakan ketika kita melakukan percakapan dikantor.
Walau kita sebenarnya tidak mengerti maksudnya,
tapi akan terdengar keren dan intelek di kuping orang-orang.
8. Memiliki duplikat untuk barang-barang pribadi
Ciri-ciri jika kita sedang ada dilingkungan kantor antara lain
adalah barang-barang pribadi kita masih ada di sekitar meja kita.
Oleh sebab itu sebisa mungkin kita harus memiliki duplikat dari ponsel,
tas atau apapun yang ketika kita pergi dengan barang-barang itu.
Tapi tetap terlihat kita ada dikantor.
9. YANG TERPENTING
JANGAN SAMPAI TULISAN INI DIBACA BOS!!
JIKA KETAHUAN, LU BUKAN DAPET DARI GUA YACH :p
Nih contoh meja gua kalo lagi jungkir balik ngejar deadline.. hehehe..
Tips yang sangat tidak baik
ReplyDeletetapi boleh lah sekali sekali :D
emm licik skali org ye...
ReplyDelete@hanyagerhana
ReplyDeleteTerlalu.. serius... hehehehehe...
Wah...tips yang bisa bikin kita pintar-pintar (bukan Pintar-red)
ReplyDelete